Sabtu, 01 Februari 2014

B. Mengenal tata letak Bemplate Blog


Sebelum anda membuat template untuk blog, langkah baiknya kita bisa mengenal apa saja kerangka atau bagian tubuh blog dan tata letak di sebuah blog terlebih dahulu.
Blog biasannya memiliki 3 bagian seperti pada gambar di bawah ini:

1
2.1
2.2
3

1)      Header blog                                                                                                                                        

Bagian pertama yang ditunjukan pada nomor 1 adalah header blog (kepala blog). Dalam istilah blog, header biasanya dinamakan #header-wrapper. Ada beberapa turunan untuk #header-wrapper, misalnya #header, #header description dan lain-lain.

Pada header ini berisi tentang judul blog dan deskripsi blog tersebut. Pada background header ini bisa anda tambahkan  gambar-gambar agar menarik, atau dengan kata lain , header ini bisa mewakili seluruh tema yang anda miliki. Buatlah bagian header ini semenarik mungkin.

2)      Content Blog                                                                                                                                       

Bagian kedua, yang ditunjukan oleh nomor 2.1 dan 2.2 adalah konten blog. Konten blog ini biasanya menggunakan istilah #content-wrapper atau #outer-wrapper. Pada bagian ini berisidua bagian lagi, yaitu:
a.      Nomor 2.1 adalah tempat posting blog yang berisi posting-postingan terbaru kita. Tempat untuk mengatur lebar halaman posting kita di blog dikenal dengan istilah#main-wrapper. Pada bagian ini terdapat bagian yang lebih spesifik untuk mengatur isinya, yaitu pada bagian turunan dari post.
b.      Nomor 2.2 adalah sidebar, berisi profile kita, atau tempat untuk menambahkan baerbagai widget untuk blog. Kadang-kadang sidebar bisa berada di kiri atau kanan, tergantung keinginan kita, atau bisa kita tambah menjadi 2 atau 3. Dalam istilah blog sidebar dikenal dengan #sidebar-wrapper. Sama seperti post bog, bagian ini juga ada bagian turunan yang akan mengaturnya, yaitu pada sidebar content.

Beberapa elemen pada sidebar blog

Pada sidebar blog, sebenarnya kita bisa menambahkan beberapa widget bawaan blogger. Disini saya akan memberikan nama-nama elemen pada sidebar, yaitu:
1.      Pengikut
2.      HTML/JavaScript
3.      Text
4.      AdSense
5.      Gambar
6.      Tampilan Slide
7.      Barisan Video
8.      Polling
9.      Daftar Blog
10.  Daftar Link
11.  Daftar
12.  Feed
13.  Newsreel
14.  Label
15.  Tautan Berlangganan
16.  Logo
17.  Profil
18.  Arsip Blog
19.  Header Halaman
Mungkin itu saja nama-nama elemen pada sidebar yang saya tau, untuk penjelasan elemen-elemen tersebut anda bisa mencari di blog.

3)      Footer Blog                                                                                                                                         

Bagian ketiga, yang ditunjukan oleh nomor 3 adalah footer blog (kaki blog). Biasanya berisi tentang penjelasan hak cipta atau nama pembuat blog atau alamat pembuat blog. Karena posisinya di bawah, footer blog jarang di modifikasi sehingga jarang pula menjadi perhatian pembaca. Akan tetapi, sebenarnya tak ada salahnya kalau kita menjadikan halaman footer ini untuk berbagai fungsi.
Sebenarnya bagian footer blog ini bisa diatur, tergantung kreativitas pembuat blog. Pembuat blog bebas memodifikasi bagian footer agar tampilannya lebih menarik.

Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar

Kalau ada yang ingin berkomentar silahkan saja, asalkan jangan rasis/ribut-ribut gak jelas.

hehehe :D